Ads 468x60px

JADILAH ... MANUSIA ... BERAKHLAK ... MULIA

Area Kerja Adobe Dreamweaver

Adobe Dreamweaver mempunyai kemampuan untuk membuat script halaman website dibawah server web yang hamper semua yang dibutuhkan pada saat ini. Scritp tersebut tercipta secara otomatis. Macromedia Dreamweaver mampu mengenerate berbagai macam script diantaranya PHP, ASP, dan JSP. Dengan kemampuan tersebut maka Dreamweaver merupakan program selain desain web juga berfungsi sebagai program web.

Pada pembuatan file baru untuk Adobe terdapat menu-menu pilihan seperti pada gambar diatas. Blank Page untuk mendesain menggunakan halaman baru yang kosong. Blank Template : untuk membuat template (simpanan) baru. Page from Template : apabila anda memilih membuat website menggunakan simpanan yang sudah disediakan oleh Adobe Dreamweaver anda. Page from Sample adalah memilih membuat desain web dari contoh yang telah disediakan oleh Adobe Dreamweaver anda.
Area Adobe Dreamweaver terdiri dari
·         Script Window
·         Document Window
·         Tag Properties
·         Document Toolbar
·         Panel Group.
Script Window : Adalah window yang berisi script kode tag HTML ataupun kode script yang lainnya. Window ini digunakan untuk menambahi script selain tag HTML secara manual. Tidak semua script bias langsung dibuat oleh Dreamweaver.
Document Window : Adalah view ketika script HTML anda terlihat di browser. Sebenarnya Dreamweaver membuat desain sekaligus membuat tag HTML secara otomatis.
Tag Properties : Digunakan untuk mengatur obyek yang aktif pada halaman Document Window.
Panel Group : Adalah panel yang digunakan untuk mengatur obyek yang sedang ada di Document Window. Pengaturan di panel group mengacu pada action dan database dari obyek di Document Window.

Komponen Ruang Kerja
Terdapat komponen komponen yang membentuk Ruang Kerja Dreamweaver. Komponen komponen tersebut adalah menu utama, panel, property inspector serta toolbar

Menu Utama
Sistem menu Dreamweaver dibuat dengan sederhana dan mudah dipahami. Satu menu tidak hanya terdapat pada satu tempat saja, tetapi ada ditempat lainnya juga sehingga untuk satu tujuaan bisa dilakukan dengan beberapa cara sekaligus.
Komponen-komponen yang terdapat di menu utama adalah :

Menu file dan menu Edit
Berisi menu standar untuk menu file dan menu Edit seperti New, Open, Save, Save All, Cut, Copy, Paste, Undo dan Redo. Menu file terdiri dari beberapa macam perintah untuk menampilkan atau membuat dokumen baru, seperti Preview in browser dan Print Code. Menu edit berisi perintah untuk pemilihan, seperti Select parent tag dan Find and Replace.
 
Menu View
Berisi perintah untuk menampilkan beberapa macam tampilan dari dokumen anda (seperti tampilan design view dan tampilan code) dan untuk menampilkan dan menyembunyikan beberapa elemen halaman dan tombol dreamweaver dan toolbar

Menu Insert
Berisikan alternative baris insert untuk menyisipkan obyek dalam dokumen

Menu Modify
Berfungsi untuk melakukan perubahan properti item atau halaman terpilih. Dengan menggunakan menu ini anda dapat mengedit atribut tag, mengganti tabel dan elemen tabel dan bermacam bentuk aksi untuk item librari dan template.

Menu Text
Berfungsi untuk mempermudah dalam melakukan format teks

Menu Command
Berisi akses ke beberapa perintah, format kode yang sesuai dengan format pilihan anda. Membuat photo album, dan melakukan pengeditan gambar

Menut Site
Berisi item menu untuk mengelola situs dan melakukan upload dan dan download file
  
Menu Window
Menyediakan akses ke seluruh panel, inspector dan jendela dalam Dreamweaver
Menu Help
Akses menuju bantuan berupa dokumentasi lengkap dari Dreamweaver
Baris Standart
Pada saat anda membuka jendela Dreamweaver, secara default hanya menampilkan Documen Bar tanpa menampilkan Standard Bar.

Standard Bar dapat anda aktifkan dengan cara
  1. Buat dokumen baru
  2. Klik menu View – toolbars – standard
Keterangan tiap tiap icon di standard bar adalah sbb:

Baris Tombol Document
Tombol Document ini digunakan setiap kali kita mengedit dokumen. Dreamweaver membuat sebuah halaman baru secara otomatis juga membuat tag HTML sesuai dengan halaman website yang kita desain. Anda dapat melihat script tag yang terjadi dengan menekan tombol Split atau Code pada bagian sisi kiri Tombol Document tersebut.

 Keterangan untuk tiap tiap icon di Tombol Document tersebut adalah :


0 komentar:

Posting Komentar