Ads 468x60px

JADILAH ... MANUSIA ... BERAKHLAK ... MULIA

Keamanan jaringan komputer


Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer yang dihubungkan satu dengan yang lain. Jarak antar satu komputer dengan komputer lainnya dapat hanya beberapa Centimeter sampai ribuan Kilometer. Sehingga timbul istilah Local Area Network (LAN) untuk jaringan komputer yang bersifat lokal dan Wide Area Network (WAN) untuk jaringan komputer yang bersifat global. Dari penjelasan tersebut maka sebuah jaringan komputer merupakan sebuah jaringan yang amat terbuka. Berbagai kesempatan dapat dilakukan oleh orang untuk mengganggu trafik data yang berada dalam jaringan. Gangguan dapat dalam bentuk yang amat sederhana. Umpamanya gangguan yang bersifat sekedar menghambat terbentuknya sebuah file. Namun dapat terjadi juga sebuah gangguan yang bersifat destruktif, mengubah, merusak atau menghilangkan data.
Gambar 6. Distributed Denial of Service.

Gambar 6 memperlihatkan bagaimana sebuah komputer penggangu (Attacker) berusaha mengganggu sebuah Server (Target) dengan cara tersembunyi.

Gambar 7. Firewall.

Salah satu cara untuk melindungi jaringan pribadi dari gangguan attacker dari luar adalah dengan memasang perangkat yang disebut Firewall. Firewall berfungsi sebagai perisai yang mampu menangkal setiap ada serangan dari luar sistem.

Gambar 8. Sistem Jaringan Nirkabel (Wireless).

            Jaringan komputer dengan menggunakan gelombang radio (Wireless) lebih rawan gangguan. Karena gelombang radio merupakan sebuah media transmisi yang bebas di atmosphere.


Gambar 9. Petunjuk Keamanan jaringan nirkabel.

Gasmbar 9  merupakan sebuah petunjuk yang sangat berguna untuk mengamankan jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel UTP atau Fiber Optik.

0 komentar:

Posting Komentar